Selasa, 30 Januari 2018

Manfaat daun serai bagi kesehatan

Khasiat Manfaat Daun Serai Untuk Kesehatan Tubuh

1.Mencegah Penyakit Kanker
Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa pada setiap 100 gram daun serai terdapat antioksidan yang berfungsi mencegah kanker.

Sebuah penelitian dari Universitas Israel juga menemukan bahwa pada daun serai terdapat senyawa bernama citral yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat dalam tubuh manusia.

2.Mengurangi Kadar Kolesterol
Daun serai memiliki sifat hiperkolesterolemia yang berfungsi menyeimbangkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah.

Daun serai juga membantu mencegah akumulasi lemak pada peredaran darah, dan meningkatkan aliran darah di sekitar arteri sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

3.Detoksifikasi
Daun serai memiliki efek diuretik yang dapat membersihkan tubuh dari racun-racun berbahaya, dan mengeluarkannya melalui air kencing. Pengeluaran racun atau detoksifikasi dalam tubuh ini dapat membantu organ-organ seperti hati dan ginjal berfungsi dengan baik dan lancar.

Detoksifikasi pada tubuh juga mampu membuat tubuh terhindar dari penyakit asam urat.

4.Mengatasi Gangguan Saraf
Kandungan minyak atsiri pada daun serai dipercaya mampu melemaskan saraf, mengatasi kejang-kejang, mengatasi vertigo, mengobati insomnia, dan membantu merangsang otak.

Minyak atsiri juga mampu mencegah penyakit saraf seperti Alzheimer’s dan Parkinson.

Agar saraf-saraf pada tubuh tidak mengalami stres yang berlebihan, Anda dapat mencampurkan daun serai pada air mandi yang digunakan.

5.Meredakan Nyeri
Daun serai memiliki sifat analgesik yang mampu meredakan rasa nyeri akibat migrain dan sakit kepala…

…Selain itu, daun serai juga mengandung phytonutrient yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi kejang, kram otot, sakit punggung, dan keseleo.

Selain meredakan nyeri, daun serai juga cepat menyembuhkan memar dan luka pada kulit.

6.Mengobati Infeksi
Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa daun serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri.

Senyawa tersebut bermanfaat untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih, dan kulit.

7.Mengatasi Masalah Pencernaan
Pada daun serai terdapat senyawa yang dapat membantu membunuh bakteri jahat dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.
Hal ini membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga tubuh terhindar dari penyakit seperti diare, perut kembung, dan sembelit.

8.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan minyak atsiri pada daun serai, selain dapat menyembuhkan dan mencegah berbagai penyakit, ternyata dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Daun serai juga dapat memperbaiki dan memulihkan fungsi pencernaan, pernafasan, ekskresi, dan sistem saraf.

Organ-organ tubuh yang berfungsi dengan baik secara otomatis akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan manusia.

9.Memperbaiki Sel-Sel dalam Tubuh
Daun serai mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Daun serai juga dapat membantu membersihkan darah dan memperkuat limpa untuk membuang sel-sel darah merah yang kotor.

Selain itu, sereh juga mendukung fungsi kelenjar timus yang membantu menghasilkan sel darah putih dan merangsang regenerasi sel. Kandungan asam folat dan kalium pada batang dan daun serai membantu pembentukan DNA dan mempromosikan pembelahan sel.

10.Menurunkan Berat Badan
Manfaat mengkonsumsi air rebusan daun serai lainnya adalah kemampuan serai untuk melakukan detoksifikasi dan mengeluarkan lemak berlebih melalui BAB.

Selain melancarkan sistem pencernaan, air rebusan daun serai juga dapat menurunkan berat badan secara alami, sehingga membuat bentuk tubuh terlihat lebih ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar