Sabtu, 27 Januari 2018

8 macam sayuran untuk diet menurunkan berat badan

semuanya, disini saya akan memberitahu macam sayuran untuk diet menurunkan berat badan yakni:

8 MACAM SAYURAN UNTUK DIET MENURUNKAN BERAT BADAN:
Salah satu cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan diimbangi mengkonsumsi sayuran, yang mengandung banyak serat, air, dan rendah kalori sehingga ideal untuk dimasukkan ke dalam menu program diet. Pada artikel ini akan membahas tentang berbagai jenis sayuran untuk diet yang telah dirangkum dari beberapa sumber artikel internasional.

Sayur-Sayuran via Harvard.edu
Keuntungan dengan melakukan diet sayuran yaitu Anda dapat memenuhi kebutuhan akan serat dan air sehingga dapat menurunkan berat badan secara efektif dan efisien tanpa menyebabkan rasa lapar, yang dapat memberikan rasa kenyang sehingga dapat mencegah dari makan makanan berlebih. Selanjutnya juga dapat mencegah dehidrasi yang biasa terjadi pada saat menjalani program diet menurunkan berat badan.

SAYURAN UNTUK DIET:
Berikut 8 pilihan terbaik sayuran untuk diet yang menyehatkan :

1. Brokoli
Brokoli tidak mengandung lemak serta terdiri dari karbohidrat dan protein, selain itu brokoli juga mengandung banyak air, mineral, dan vitamin. Kandungan karbohidrat pada brokoli yaitu cukup kompleks, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat membuat Anda memiliki energi yang cukup untuk waktu yang lebih lama (1).

2. Kubis
Kubis mengandung serat yang cukup tinggi dengan kalori yang cukup rendah. Sayur kubis sangat populer di kalangan pelaku diet rendah lemak karena mengandung kalori yang rendah, namun kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, potassium, mangan, dan sebagainya (1).

3. Bayam
Bayam merupakan salah satu sayuran yang juga biasa digunakan dalam menjalani program diet penurunan berat badan maupun sebagai makanan bagi vegetarian. Hal ini dikarenakan bayam mengandung vitamin dan berbagai nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, folat, kalsium, zat besi, magnesium, dan sebagainya (1).

4. Kembang Kol
Kembang kol atau bunga kol memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C berperan penting dalam membantu pembakaran lemak saat beraktivitas maupun berolahraga. Meskipun vitamin C tidak dapat membakar lemak dengan sendirinya, tanpa vitamin C proses pembakaran lemak saat beraktivitas tidak akan mencapai hasil yang maksimal (2).

5. Wortel
Sayuran untuk diet yang menyehatkan berikutnya adalah wortel. Kandungan serat pada wortel dapat membantu Anda memperoleh perasaan kenyang yang lebih lama. Selain itu, wortel juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti protein, karbohidrat, vitamin C, vitamin A dan sebagainya sehingga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan (2).

6. Mentimun
Mentimun termasuk dalam jenis sayuran yang rendah kalori sehingga sangat baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Selain itu, kandungan air dan serat yang terkandung dalam mentimun juga mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh (2).

7. Daun Selada
Selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau mengandung berbagai vitamin , mineral, dan nutrisi lain seperti serat yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menekan nafsu makan Anda, yang pada akhirnya dapat membantu Anda dalam mencegah makan makanan berlebih (2).

8. Bawang Bombay
Bawang bombay juga dapat dimasukkan ke dalam menu sayuran untuk diet. Hal ini dikarenakan bawang bombay mengandung serat, nutrisi, dan antioksidan yang dapat memberikan kontribusi dalam proses menurunkan berat badan. Karena rendah kalori, Anda dapat menambahkan bawang ini ke dalam berbagai hidangan yang Anda suka seperti sup, salad sayur, sayuran rebus, dan sebagainya (3).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar