Selasa, 30 Januari 2018

Manfaat dari kencur

Apa saja manfaat kencur untuk kesehatan?
Selain sebagai bumbu masakan, nyatanya kencur memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

1. Obat batuk
Ramuan tradisional kencur yang dicampuran dengan garam sudah lama dikenal sebagai obat obat batuk berdahak. Mengonsumsinya bisa membuat pernapasan lebih lega dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat. Selain bisa jadi obat batuk, ternyata bahan herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara yang ada di tenggorok dan melegakan tenggorokan, loh!

2. Menghilangkan stres
Sebuah penelitian yang dilakuan oleh para peneliti dari Departemen farmasi Universitas Jahangirnagar Bangladesh menunjukkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan.

Hasil penelitian tersebut menguatkan tentang manfaat kencur untuk kesehatan sebagai efek sedatif yang signifikan. Itu sebabnya, banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat yang digunakan untuk mengurangi efek stres, cemas, gelisah, dan depresi. Meski demikian, penelitian ini masih membutuhkan riset lebih lanjut mengenai khasiat kencur untuk kesehatan tubuh manusia.

3. Obat diare
Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh peneliti yang sama menunjukkan bahwa ekstrak kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang lumayan banyak. Nah, hal tersebut membuat kencur bisa dijadikan salah pilihan pengobatan diare.

4. Bahan utama jamu
Di Indonesia, kencur merupakan bahan utama yang digunakan untuk membuat jamu, entah itu jamu tradisional maupun modern buatan pabrik. Minuman jamu ini sering disebut dengan beras kencur yang terbuat dari campuran beras, kencur, asam Jawa, serta gula merah. Khasiat kencur yang diolah menjadi minuman jamu bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mengatasi masalah pencernaan, sakit perut, sesak nafas, pilek, dan juga sakit kepala.

5. Manfaat kencur lainnya
Selain dagingnya, bagian daun dan akar kencur juga memiliki manfaat kesehatan loh. Beberapa manfaat yang dihasilkan dari daun kencur di antaranya adalah untuk mengatasi demam, bengkak, rematik, dan lain sebaginya karena bersifat antiradang.

Sedangkan pada bagian akarnya, kencur memiliki manfaat untuk mengobati sakit gigi dan ketombe. Tidak hanya itu, akar kencur juga bisa digunakan untuk membantu mengobati cidera otot dan pembengkakan. Caranya, tumbuk akar kencur dengan segenggam beras sampai halus. Lalu balurkan pada bagian tubuh yang mengalami cidera ataupun pembengkakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar